Headlines News :

BIDANG ROHANI DELAPAN SEBELAS SANGGAR INDAH BANJARAN

Bersama Meraih Ridho Allah SWT

Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin". Semoga amal ibadah kita diterima Allah dan kita kembali (ke fitrah) dan meraih kemenangan (melawan hawa nafsu)

Home » , » Cara menghafal Al Qur'an

Cara menghafal Al Qur'an

Written By Unknown on Senin, 14 Mei 2012 | 18.55



1. Ikhlas


Hal ini berdasarkan firman Allah swt :

Al Bayyinah ayat 5 : Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus ..

Az Zumar ayat 3 : Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik).


Niat yg ikhlas mutlak di perlukan dlm menghafal Al Quran. Motivasi terdepan dalam menghafal Al Quran adalah ketaatan Allah, mengharap pahala dari Allah. Dengan demikian Allah akan memberi kemudahan dalam menghafal. 


Jangan sampai keinginan mendapat imbalan duniawi yang amat sedikit menjadi tujuan, atau sekedar menghafal materi pelajaran untuk mempersiapkan ujian, sehingga dalam waktu singkat akan terlupakan.

Niat yang buruk dalam menghafal Al-Quran banyak sekali macamnya, antara lain: 
- Tujuan mencari nafkah
- Mendapat predikan qari’
- Agar manusia terpesona oleh keindahan suara & tilawahnya
- Nama baik & popularitas
- Kemashlatan sementara, seperti menghafal untuk kepentingan ujian

Barang siapa yg sungguh” memiliki keinginan menghafal, sebaiknya terlebih dahulu membersihkan hati dari unsur” yg menjadi penghalang.

2. Mengosongkan diri dari hal” yg mengganggu pikiran, karena Al Quran tdk akan menjadi kokoh dlm pikiran yg kacau & memperhatikan kepada hal lain. Di butuhkan konsentrasi dalam menghafal & jadikan kegiatan menghafal sebagai pekerjaan terbesar, dengan demikian hafalan akan mudah & lancar. 

3. memperbayak istigfar, Ibnu Taimiyah berkata “Aku ditimpa masalah, kemudian aku berisitigfar seribu kali atau kurang atau lebih dari itu. Maka Allah membukakan masalah itu bagiku”
Istigfar dapat membuka yg tertutup.

4. Mengulang-ulang hafalan, sebab Rasulullah saw bersabda “Jagalah Al-Qur'an, demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh ia lebih mudah terlepas dari unta yang di tambatkan” (HR. Bukhari & Muslim).

5. Tidak menghafal terlalu banyk ayat dalam sehari sebab hal itu akan menimbulkan kebosanan & kelelahan. Tetapi hafalkan beberapa ayat saja dalam sehari. Hafal & ulangi. Hafalkan dlm sholat, kemudian baca tafsir ayat yg dihafalkan. Dengan demikian telah menghimpun hafalan & pemahaman sebagaimana yang dilakukan oleh para sahabat.

6. Pilihlah waktu yg tepat untuk menghafal, diantaranya setelah sholat fajar hingga datangnya waktu untuk beraktivitas kerja atau belajar. Tetapi ini tdk mutlak, sebab tiap org paling tau dengan kondisi dirinya.

7. Hendaknya hafalan dilakukan dengan bersandar pada satu jenis mushaf & tdk ber ganti” dgn mushaf lain. Hal ini akan memudahkan mengingat & pikiran kata akan dengan mudah tervisualisasi dalam benak kita.

8. Mendengarkan bacaan Al Quran melalui media player dgn mengulang” ayat yg sedang dihafal, khusus nya bacaan qari’ yg bersuara bagus.

9.  Memahami makna ayat yg sedang di hafalkan, sebab mengetahui makna ayat akan memudahkan hafalan. Hal ini bisa dilakukan melalui buku” tafsir, skaligus berusaha memahami kata yang pelik.

10. Menggunakan ayat yg telah di hafal utk dibaca dlm sholat.

11. Mengulangi hafalan dengan memperdengarkannya pd teman atau istri untuk menguji kemampuan hafalan. Sebab menghafal seorang diri belum dapat memastikan kualitas hafalannya.





Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Informasi Dari Bidang Rohani

Assalamu'alaikum Wr. Wb. kami Ucapkan terimkasih kepada seluruh warga Rt. 08 Rw. 11 sehingga terlaksananya acara Pengajian bulanan pada tgl 7 Juli 2012, semoga kita mendapat pahala yang berlipat dan ilmu yang manfaat amin.
 
Support : Creating Website | Seksi Rohani | Sanggar Indah Banjaran
Copyright © 2011. FORWARDS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abu Luthfi
Proudly powered by Forwards-sib